Puruk Cahu

Bupati Mura Pimpin Gerakan Perdana Tanam Jagung Dalam Rangka Dukung Ketahanan Pangan

Dandim Muara Teweh, Letkol Inf Edi Purwoko : Kami dari Kodim 1013/ Muara Teweh Nemberikan Penghargaan Setinggi-Tingginya Kepada Pemkab Mura dan jajarannya .

 

Puruk Cahu, forumhukum .id – Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Drs Perdie M Yoseph, MA memimpin gerakan perdana tanam jagung di lahan Demplot Kodim 1013/Muara Teweh yang bersinergis dengan Pemerintah Kabupaten Murung Raya dan kelompok tani Bina Usaha Desa Danau Usung, Kecamatan Murung.

Dandim 1012 Muara Teweh, Letkol Inf. Edi Purwoko menerangkan, kegiatan perdana tanam jagung di Kabupaten Murung Raya merupakan langkah awal dari program ketahanan pangan, dengan luas 100 hektare dan 100 hektar di Kabupaten Barito Utara.

Program ini merupakan gagasan dari Pimpinan Korem 102 Panju Panjung yang menindaklanjut Instruksi Presiden RI, dan secara berjenjang turun hingga ke strata Kodim sebagai jajaran TNI – AD. Tujuannya untuk memanfaatkan potensi wilayah sebagai lumbung pangan yang memberikan kecukupan pangan bagi masyarakat lokal khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Program Tanam Jagung ini dalam rangka ketahanan pangan dan merupakan respon Pemerintah RI dalam rangka antisipasi terjadinya krisis pangan dan energi yang salah satunya sebagai dampak dari terjadinya tragedi peperangan di negara luar,” tegas Edi.

Sebagaimana diketahui, kedua negara yang bertikai itu merupakan penyumbang (penyuplai, red) terbesar kebutuhan pangan dan energi dunia.

“Seiringnya waktu dikhawatirkan terjaid kelangkaan sumber pangan dan energi dunia atas dampak perseteruan kedua negara tersebut.,” kata Edi.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan juga akan berdampak kepada tatanan kehidupan masyarakat Indonesia yang saat ini pun dampak itu sudah mulai terasa dengan ditandainya dengan kenaikan harga barang dan bahkan harga atau tarif transportasi yang turut terpengaruhi.

Bupati Murung Raya Drs Perdie M Yoseph bersama jajaran FKPD foto bersama sebeleum memulai tana jagung di Desa Danau Usung, Kecamatan Murung, Sabtu (3/9)
Bupati Murung Raya Drs Perdie M Yoseph bersama jajaran FKPD foto bersama sebeleum memulai tana jagung di Desa Danau Usung, Kecamatan Murung, Sabtu (3/9)

Bupati Murung Raya, Drs Perdie M Yoseph, MA menyambut baik program tanam jagung dalam rangka ketahanan pangan masyarakat, dan memberikan motivasi positif dan edukasi kepada masyarakat di Murung Raya.

“Tujuannya agar masyarakat menyadari dan memanfaatkan keberadaan lahan tidur menjadi lahan yang dapat memberikan asas manfaat bagi kehidupan dalam menunjang ketahanan pangan di Kabupaten Murung Raya,” kata Perdie.

Kegiatan ini lebih menekankan pada komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat, agar memanfaatkan lahan tidur yang ada di sekitar pekarangan tempat tinggal untuk di fungsikan menjadi lahan produktif di bidang pertanian, dengan dimaksudkan untuk turut serta berperan aktif mendukung ketahanan pangan di Murung Raya.

“Semoga kegiatan tanam jagung dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat agar terus berinovasi, tumbuh dan berkembang dengan kreatif di sektor pertanian,” kata Bupati Perdie.

Ditambahkan Bupati Murung Raya dua periode itu, pihak ketiga juga secara nyata perlu bekerja sama dengan masyarakat, memberikan dukungan, baik bantuan pendanaan dan pembinaan ketahanan pangan di Murung Raya agar masyarakat lebih termotivasi untuk memanfaatkan lahan tidur dengan secara arif dan bijaksana, salah satunya dengan menanam tanaman jagung.

Lebih jauh Bupati Perdie mengingatkan, pangan merupakan kebutuhan dasar bagi kelangsungan hidup manusia yang harus dipenuhi setiap saat. Tersedianya kebutuhan pangan yang cukup,aman, bermutu dan bergizi merupakan syarat yang harus terpenuhi dalam upaya mewujudkan pembangunan dan pembentukan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas.

Kepala Desa Danau Usung, Rahmat sangat merespon positif program tanam jagung yang dilaksanakan di wilayahnya. Dia juga merespon positif apa yang disampaikan Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph dan Dandim 1013 Muara Teweh.

“Apa yang disampaikan tadi, untuk terus dapat dikembangkan di tengah tengah masyarakat, saya selaku Kepala Desa bersama segenap masyarakat desa sangat merespon baik dan memberikan dukungan sepenuhnya dengan program tanam jagung ini,” kata Rahmat.

Menurutnya, program tanam jagung sangat memberikan nilai yang positif bagi masyrakat, terutama sebagai peluang besar yang akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian warga masyarakat di Desa Danau Usung.

Kegiatan penanaman jagung dihadiri Ketua DPRD Murung Raya Doni, Kapolres Murung Raya, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan , Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Sekwan DPRD  Murung Raya, Kepala Dinas PUPR, dan Perwira Penghubung Kodim 1013Muara Tweweh di Puruk Cahu Mayor Inf.Heru Widodo, dan para tamu undangan lainya. (Alb/FH-01)

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum