BeritaPuruk Cahu

Tingkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia

FORUMHUMUM.ID -PURUK CAHU – Pemerintah Desa (Pemdes) yang berada di wilayah Kabupaten Murung Raya (Mura) mempunyai tanggungjawab guna meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) warganya masing-masing.

Salah satu peningkatan SDM dengan memanfaatkan penggunaan dana desa yang telah disediakan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Ketua DPRD Mura Dr Doni SP MSi menjelaskan, manfaat dana desa tidak serta merta hanya untuk meningkatkan sarana dan prasarana atau infrastruktur desa saja, akan tetapi pentingnya meningkatkan kapasitas SDM juga diperlukan.

“Memang sarana dan prasarana ini penting, tapi jangan sampai melupakan kualitas SDM di desa, karena itu sama pentingnya. Apabila desa banyak memiliki SDM berkualitas maka desa pun akan cepat maju dan berkembang,” terang Doni, Sabtu (18/02/2023)

Dalam memanfaatkan dana desa untuk meningkatkan kapasitas SDM, lanjutnya, pemerintah desa bisa mencanangkan program pelatihan keterampilan yang bertujuan untuk membantu anak-anak putus sekolah di wilayahnya agar bisa mengambil jalur paket C.

Menurut Legilator PDI Perjuangan Mura ini, penggunaan dana desa yang lebih maksimal maka akan dapat menciptakan desa yang mandiri, dengan begitu kesejahteraan masyarakat pun dapat meningkat. Oleh karenanya hal ini perlu untuk diperhatikan.

“Tentu kita menginginkan SDM berkualitas itu bisa merata, jadi tidak hanya tugas pemerintah saja tapi juga desa. Harapan kita ini bisa diperhatikan dan diterapkan, sehingga desa akan bisa cepat maju dengan adanya SDM yang memadai,” tutupnya. (Ad/FH)

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum