BeritaLegislatifMurung Raya

Dewan Tekankan Pentingnya Peran Orang Tua

FORUMHUKUM.ID – Puruk Cahu – Kalangan DPRD Murung Raya menekankan tentang pentingnya orang tua agar melatih kemampuan bersosialisasi anak agar mampu beradaptasi di lingkungan sekolah, maupun di tengah-tengah masyarakat.

Menurut anggota DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura) Olivia Owiswanti dalam masa tumbuh kembang anak, terdapat lima hal yang penting dan harus selaras untuk selalu diperhatikan para orang tua, yakni aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi, dan keterampilan sosial.

“Semua yang berkaitan dengan karakteristik anak termasuk bekal anak agar bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, termasuk ketika anak masuk ke sekolah baru, kelas baru atau baik ke jenjang yang lebih tinggi. Dimana mereka akan di tempatkan dalam situasi dan teman-teman baru,” kata Olivia,Senin (20/02/2023).

Politis Golkar ini melanjutkan, figur setiap orangtua dianggap sangat vital dan tidak tergantikan oleh siapapun bagi anak. “Oleh karena itu, wajib bagi orang tua menyediakan waktu sesibuk apapun mereka dalam bekerja jangan sampai anak-anak tidak di perhatikan hanya karena alasan orang tua bekerja mencari uang,” imbuhnya.

Selain itu, tentang keterampilan sosial, tentu menjadi sangat penting bagi anak-anak. Dengan memiliki keterampilan sosial, anak mampu bekerjasama dengan orang lain pada masa tumbuh kembangnya dan memiliki rasa percaya diri.

“Sehingga anak mampu menempatkan dirinya pada lingkungan yang tepat dan tidak salah dalam pergaulan, anak juga menjadi lebih mudah membedakan hal-hal yang baik dan tidak,” tutupnya. (Ad/BRP)

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum