Wabup Bartim Ikuti Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Tamiang Layang, forumhukum.id – Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadri mengikuti Hari Kesaktian Pancasila 2022 secara virtual di Aula Rujab Bupati Barito Timur, Sabtu (1/10) pagi.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya Jakarta Timur dengan tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Wabup Barito Timur Habib Saleh mengikuti Upacara Perigatan Hari Kesaktian Pancasila bersama dengan Ketua DPRD Barito Timur Nur Sulistio, Wakapolres Barito Timur Kompol Zulyanto, Kasubagbin Kejari Barito Timur Syalehenor dan perwakilan PN Tamiang Layang serta sejumlah kepala OPD.

Habib Saleh mengharapkan Pancasila dijadikan masyarakat setempat menjadi perangkat dalam berbangsa dan bernegara.

“Pancasila adalah dasar negara serta falsafah bangsa dan negara Republik Indonesia dengan lima dasar atau lima sila yang dijadikan sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara,” kata Habib Saleh.

Menurutnya, momentum Hari Kesaktian Pancasila ini pun hendaknya menjadikan seluruh elemen masyarakat sadar untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.

Untuk diketahui, Hari Kesaktian Pancasila ini diperingati 1 Oktober setiap tahunnya untuk mengenang tujuh anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang tewas dengan dikenal dengan Lubang Buaya pada 30 September 1965.

Tujuh anggota TNI AD itu merupakan korban penculikan dan pembantaian kelompok Partai Komunis Indonesia (PKI) atau Gerakan 30 September 1965 (G30S PKI). Berdasarkan Keppres 153/1967, tewasnya tujuh anggota TNI AD di peristiwa G30S PKI merupakan daya juang para anggota TNI AD terhadap gerakan-gerakan yang berusaha menghancurkan Pancasila. (Res/FH-88)

 

%d blogger menyukai ini: