Murung RayaPuruk Cahu

Sinergitas KPU – Bawaslu Kabupaten Murung Raya “ Kunci Sukses Pelaksanaan Penyelenggaraan Pemilu 2024 Di Kabupaten Murung Raya

Foto bersama Ketua KPU ,Bawaslu dan PPK seusai Rapat Pleno Tingkat Kabuoaten, 29/2 Di Aula DAD Murung Raya

 

Politisi PKS H. Barlin, SE “ Saya Apresiasi KPU dan Juga Bawaslu beserta jajarannya, Atas Kinerja Maksimal Mensukseskan Pemilu 2024 “

Forumhukum.id – Puruk Cahu Suksesnya pelaksanaan penyelenggaraan Pemilihan Umum serentak Tahun 2024, salah satunya Pemilu di laksanakan di Kabupaten Murung Raya, Propinsi Kalimantan Tengah, pada 14 Pebruari lalu, dinilai oleh banyak pihak sebagai Penyelenggaraan Pemilu yang cukup sukses ,lancar ,aman dan kondusif .

Hampir tidak adanya temuan Bawaslu yang terjadi secara signifikan selama pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Murung Raya ,baik temua sejak pendistribusian logistik pemilu ,pemungutan dan penghitungan perolehan suara di TPS, PPK dan Pleno Kecamatan hingga tingkat Kabupaten .

Kondisi ini di ungkapkan oleh Elides Jena ,S.KM selaku Ketua Bawaslu, saat dimintai komentarnya seusai Rapat Pleno Terbuka penghitungan perolehan hasil suara tingkat Kabupaten Murung Raya , Kamis, 29/2 di Aula DAD setempat .

Elides menegaskan jenis perbuatan yang masuk sebagai kategori pelanggaran pemilu tahun ini ( 2024 ) baik oleh penyelengara sendiri maupun peserta pemilu ,sangat begitu minim sekali ditemukan terjadi .

“Temuan dari Bawaslu selama pelaksanaan Pemilu tahun ini ( 2024-red ) begitu sangat minim, dan itu menurut kami ( Bawaslu -red ) sungguh sangat luar biasa, “ tegas Elides sapaan akrab ketua Bawaslu Mura .

“Rekan penyelenggara dari KPU sendiri tampaknya telah bekerja dengan maksimal dalam mengimplementasikan penyelenggaraan Pemilu dengan begitu intensif sesuai dengan ketetapan Peraturan Perundang – Undangan “ Imbuh Elides .

Namun untuk itu Elides juga tidak memungkiri masih adanya temuan Bawaslu dalam pelaksanaan pemilu saat itu yang baru saja berlalu ,hal ini sehubungan dengan netralitas ASN .

“Masih ada segelintir oknum ASN dari instansi pemerintah setempat ( Mura ) yang terindikasi terlibat langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan pemilu “

“Terkait temuan itu, Kami sudah merekomendasikan kepada atasan yang bersangkutan untuk di berikan teguran peringatan sesuai dengan ketentuan internal lingkungan mereka “ ujar Elides menegaskan .

Ia meng- argumentasi kan, sebaiknya sebuah peraturan itu, tentunya tidak lah sempurna seperti yang kita harapkan, dalam penerapan pelaksanaanya ,selalu saja ada titik lemah sebagai implikasi dari adanya faktor kelalaian atau ke-alpa -an yang logis ada dalam diri setiap individu “ Sebut Elides Jena, S.KM dengan cukup bijak .

Di kesempatan yang sama Okto Dinata, Ketua KPU Kabupaten Murung Raya ketika di mintai komentarnya sehubungan dengan penerapan pola kerja KPU dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu saat itu dengan pencapaian hasil yang cukup sangat baik dan sukses.

Menurut Okto, selain pada dasarnya menerapkan semua pelaksanaan Pemilu sesuai dengan regulasi yang ada ,pihaknya juga melakukan hubungan koordinasi secara sinergitas dengan semua pihak dan kalangan, dan salah satunya adalah Bawaslu .

“Selain dengan tetap mengutamakan penerapan sesuai dengan regulasi atau peraturan Perundang Undangan Pemilu , Kami ( KPU – red ) membangun hubungan sinergitas dengan semua pihak dan kalangan ,dan salah satunya ber-sinergitas dengan Bawaslu “ Ungkap Okto Dinata .

Sinergitas KPU dan Bawaslu merupakan hal yang penting dan mutlak sebagai upaya membangun dan memastikan hubungan kerjasama selaku pihak yang mempunyai tanggung jawab yang sama pentingnya di dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, terutama Pemilu di Kabupaten Murung Raya .

“Sinergitas KPU dan Bawaslu adalah hal penting dan mutlak dalam semua upaya membangun dan memastikan hubungan kerjasama dalam konteks yang positif, dan tentunya tetap berada dalam koridor aturan hukum yang berlaku “ Ungkap nya menegaskan .

Lebih lanjut, “Kami dalam kedudukan nya sama punya tanggung jawab yang krusial sebagai penyelenggara pemilu, oleh karenanya diperlukan adanya sinergitas yang baik, dengan tetap menjunjung tinggi dan saling menghargai sesuai dengan tupoksi masing masing “ Pungkasnya .

“Esensinya, semua itu bertujuan untuk terwujudnya pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang baik, aman ,lancar serta kondusif “ Tegasnya .

Sambung Okto, “ Pentingnya sinergitas adalah sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan yang maksimal demi tercapainya penyelenggaraan yang baik, lancar dan kondusif “

“Keseimbangan hubungan kerja dalam konteks yang positif, saling menghargai sesuai tupoksi ,tentu nya akan menghasilkan suatu kinerja yang baik pungkasnya lebih menegaskan lagi .

Ditempat terpisah, Politisi PKS H. Barlin ,SE mengapresiasi KPU dan juga Bawaslu beserta semua jajaran nya yang telah bekerja keras dan berupaya maksimal dalam mensukseskan semua rangkaian tahapan penyelenggaraan pemilu di kabupaten Murung Raya sehingga berjalan dengan baik dan lancar .

“Saya merasa turut berbangga dan mengapresiasi dengan kinerja KPU dan juga Bawaslu yang telah bekerja keras dan maksimal menjalankan tugas dan fungsinya sehingga semua rangkaian penyelenggaraan pemilu di kabupaten murung raya telah dapat berjalan dengan baik, aman ,lancar dan kondusif “ Ujar H. Barlin, SE

“Selain itu pula , tak lupa juga saya mengapresiasi kepada semua aparat keamanan ,baik TNI – Polri yang juga tak kalah penting nya semua peran aktif mereka dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu dari sejak awal hingga berakhirnya “ Pungkasnya .

Terakhir juga ,kepada semua lapisan dan kalangan masyarakat pemilih yang juga telah turut berpartisipasi dalam mensukseskan pemilihan umum dengan menggunakan hak suaranya secara tepat dan benar “ Sebut H . Barlin, SE politisi PKS yang kembali terpilih ke – 3 kalinya dalam Pemilu legislatif tahun 2024 baru baru ini . ( Alb-FH 01 ) .

 

 

 

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum