Barito TimurBeritaEksekutif

Safari Ramadhan Pemkab Bartim ditiadakan

FORUMHUKUM,ID – Tamiang Layang, Program Safari Ramadhan bersamaam dengan buka puasa yang biasanya dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, pada 2023 ditiadakan.

“Awalnya kita sudah buat rancangannya, namun akhirnya kita tiadakan karena ada edaran yang disampaikan terkait penyelenggaraan buka puasa bersama dari Mendagri,” kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Kamis.

Menurutnya, kebijakan meniadakan kegiatan Safari Ramadhan mengacu kepada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor: 100.4.4/1731/SJ tentang Penyelenggaraan Buka Puasa Bersama, tertanggal 21 Maret 2023. Tujuan surat tersebut agar tidak kembali muncul penularan COVID-19.

Dijelaskan orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Barito Timur itu itu, surat tersebut merupakan salah dasar pertimbangan tentang ditiadakannya berbuka puasa bersama bagi kalangan pejabat dan aparatur sipil negara (ASN)  karena saat ini masih dalam transisi pandemi menuju endemi. Karena itu, seluruh pejabat mulai Gubernur, Bupati/Walikota diminta meniadakan kegiatan buka puasa bersama pada bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur telah menyusun jadwal dan agenda kegiatan rutin Program Safari Ramadhan 1444 Hijriah dan buka puasa bersama di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Barito Timur. Jadwal itu dibuat sebelum sebelum Mendagri mengeluarkan surat edaran.

“Karena ada SE itu, maka kegiatan safari Ramadhan yang telah dusun dan dijadwalkan terpaksa ditiadakan,” tegasnya.

Ampera berharap masa transisi pandemi menuju endemi selesai pada 2023, sehingga Pemerintah Kabupaten Barito Timur bisa melaksanakan Program Safari Ramadhan 1445 Hijriah pada 2024.

“Harapan kita, semoga kondisi ini bisa cepat pulih dan masyarakat kita bisa aman dan nyaman dalam beraktivitas dengan aman dan nyamansehingga perekonomian masyarakat kita bisa kembali meningkat lagi,” kata Ampera AY Mebas. (D.Res/FH-88)

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum