BeritaEksekutif

PSM Berlanjut, Pemkab Bartim Sediakan Bibit Sawit dan Pupuk

Tamiang Layang, forumhukum.id – Pemkab Bartim sudah menganggarkan sejumlah dana melalui APBD 2023 untuk pengadaan bibit sawit dan pupuk untuk Program Sawit Masyarakat (PSM).

“Kita harapkan bisa memotivasi masyarakat sehingga dapat membuka lahan sawit secar amandiri,” kata Bupati Bartim DR Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Rabu (9/11) kemarin.

Ampera mengharapkan PSM dapat dilanjutkan kepala daerah selanjutnya, karena dampak positif bagi petani sawit mandiri akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Ditambahkan Ampera, sawit merupakan bahan baku utama untuk minyak goreng. Prosepeknya secara berkelanjutan akan terus mengalami peningkatanperekonomian. Sejajar dengan itu, kata dia, masyarakat perlu dipicu dan didorong untuk mampu berkebun sawit mandiri.

Pada tahun anggaran 2022, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sebagai leading sektor ekonomi kerakyatan menyalurkan bantuan pembukaan lahan sawit masyarakat bernilai Rp2 juta per hekater.

Selain membantu meringankan beban masyarakat, pembukaan lahwan sawit juga  menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Bartim.(Res/FH-88)

 

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum