Berita

Pemkab Bartim Dukung PMI, Sediakan Markas dan Mobil Operasional

Tamiang Layang, forumhukum.id – Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas menyatakan dukungan terhadap Palang Merah Indonesia (PMI) setempat dengan menyediakan markas dan mobil operasional.

“Kita upayakan ada (dana operasional) untuk operasional PMI Barito Timur,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Senin (31/10).

Menurutnya, PMI Barito Timur kedepannya diharapkan tidak hanya terpaku pada kegiatan donor darah saja, tetapi pada program sosial di bidang kemanusian dan kebencanaan secara umum.

Ketua PMI Barito Timur, Munita Mustika Dewi menegaskan, langkah awal yang diambilnya yakni pembinaan terhadap relawan-relawan yang bersama-sama dengan PMI Barito Timur.

“Sifatnya sukarelawan jadi kami akan menghimpun relawan-relawan yang siap bekerja sama dan mendukung PMI Barito Timur dalam melaksanakan aksi kemanusiaan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kalteng Suhaemi mengapresiasi langkah awal Munita Mustika Dewi dalam mempersiapkan atau membina relawan-relawan untuk menopang kinerja maupun program PMI Barito Timur.

“Di dalam PMI yang melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan adalah relawan bukan pengurus, pengurus hanya mengatur saja. Jika terjadi bencana, relawan akan turun ke lapangan,” jelasnya.

Suhaemi berharap relawan merupakan elemen dari masyarakat yang telah dilatih, agar memiliki kemampuan dan keterampilan untuk penanganan bencana, baik bencana alam, wabah maupun konflik sosial.

“Wabah seperti COVID-19 ini yang turun juga ada dari relawan PMI,” jelasnya.

Adapun Ketua PMI Kalteng Suhaemi melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Barito Timur periode 2021-2026 di aula rumah jabatan Bupati Barito Timur, Sabtu, (22/10).

Pelantikan ditandai dengan pembacaan surat keputusan Pengurus PMI Kalteng tentang pengesahan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Barito Timur, penyematan pin dan penyerahan bendera PMI kepada pengurus yang baru. (Res/FH-88)

 

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum