BeritaEksekutif

Mantap !!! Tugu Bundaran Gunung Perak Selesai Dibangun

FORUMHUKUM.ID – Tamiang Layang – Pembangunan Tugu Bundaran Gunung Perak yang digadang menjadi ikon daerah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah telah selesai bangun pada 2022 ini.

Pembangunan Bundaran Gunung Perak memakan waktu dua tahun anggaran lebih Rp4 miliar. Pembangunan tahun anggaran 2021 sebesar Rp3 miliar terdiri jalan dan bundaran tugu Gunung Perak. Sedangkan pembangunan lanjutan pada tahun anggaran 2022 dianggarkan sebesar Rp1,7 miliar.

Pembangunan pada 2022 diantaranya berupa penimbunan, penataan, pembangunan taman kecil bertingkat tiga dengan landasan batu sikat, paving block dan rumput, serta pemasangan ornamen simbol Burung Jue.

Tugu Gunung Perak diperkirakan memiliki tinggi mencapai 20 meter dengan diameter bundaran mencapai 50 meter dan jalan lingkar bundaran memiliki lebar kurang lebih 10 meter. Pada bagian taman ada penambahan lampu hias akrilik menyala pada malam hari.

Pada saat dari memasuki arah perkotaan Tamiang Layang akan terlihat Gumi Jari Janang Kalalawah dan ketika arah keluar atau ke Kalsel akan terlihat tulisan Tugu Gunung Perak.

Selesainya Bundaran Gunung Perak itu memikat hati warga Barito Timur dari berbagai pelosok untuk melakukan swafoto maupun bersama keluarga.

Disebut Gunung Perak karena pada bagian tengah ada tugu Gunung Perak yang memiliki arti tersendiri sendiri bagi masyarakat Barito Timur. Gunung Perak juga merupakan simbol mengidentitaskan ciri khas Kabupaten Barito Timur.

Dalam kepercayaan masyarakat Kabupaten Barito Timur sendiri, Gunung Perak merupakan simbol permohonan restu untuk perjalanan kehidupan mencapai kesejahteraan atau kemakmuran.

“Berapa hari yang lalu saya ada kesana dan melihat Burung Jue sudah terpasang,” kata Ampera AY Mebas sambil tersenyum di Tamiang Layang, Jumat (2/12/2022). (Res/FH-88)

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum