Puruk Cahu

Komisi II DPRD Murung Raya Tinjau Pemulihan Pustu Batu Bua Pasca Relokasi Puskesmas Ke Maruwei

Ketua Komisi II DPRD Murung Raya, Heriyus, SE : Pelayanan Kesehatan di Kelurahan Batu Bua Mesti Segera Difungsikan Maksimal “ 

 

Kadiskes Mura dr. Suriasiri : Pelayanan Kesehatan di Kelurahan Batu Bua Tetap Berjalan dan Akan Terus Ditingkatkan

 

Puruk Cahu, forumhukum.id – Ketua Komisi II DPRD Murung Raya, Kalimantan Tengah, Heriyus M.Yoseph, SE bersama anggota ( Komisi II ) lainya yakni H. Barlin, SE dari Fraksi PKS , melakukan perjalanan dinas luar kota ( dalam daerah ) ke Kelurahan Batu Bua Dua Kecamatan Laung Tuhup, Minggu (25/9 ) kemarin.

Perjalanan dinas kedua anggota DPRD Murung Raya tersebut secara khusus meninjau puskesmas (kini Pustu, red) di Kelurahan Batu Bua II pasca sebelumnya puskesmas yang ada di Kelurahan Batu Bua tersebut di relokasi ke Desa Maruwei beberapa waktu lalu sehingga sempat mengalami disfungsi sementara waktu .

Disela peninjauan itu, terlihat adanya perubahan dari pasca relokasi Puskesmas Batu Bua kini berangsur angsur sudah mulai difungsikan kembali menjadi Puskesmas Pembantu (Pustu).

Di beberapa ruangan terlihat sudah dibersihkan untuk ruang perawatan, ruang administrasi dan ruang pelayanan obat obatan. Meskipun beberapa ruangan lainya masih tampak terlihat masih belum dipergunakan .

Menurut Ketua Komisi II Heriyus, SE kondisi puskesmas atau pustu yang ada di Kelurahan Batu Bua ini selayak dan sepatutnya untuk segera difungsikan sebagaimana sedia kalanya. Ini mengingat kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di Kelurahan Batu Bua sangat cukup besar sesuai dengan jumlah penduduknya yang juga begitu banyak .

“Puskesmas Batu Bua ini memang sudah selayaknya untuk segera difungsikan kembali sebagaimana sedia kalanya,” ungkap Heriyus .

Tambah Politisi PDI Perjuangan itu, ini mengingat kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kelurahan Batu Bua cukup sangat tinggi dan itu sesuai dengan jumlah kepadatan penduduk yang juga cukup sangat banyak.

“ Ke depannya ini nanti akan berupaya memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui pelayanan kesehatan yang ada di Kelurahan Batu Bua ini, dan untuk itu kami bersama Fraksi pendukung dewan di DPRD Murung Raya akan melakukan koordinasi bersama pemerintah daerah melalui instansi terkait agar kondisi puskesmas atau pustu tersebut kembali berjalan dengan optimal dan maksimal,” papar Heriyus.

 

Kadiskes Mura dr Suriasiri.
Kadiskes Mura Dr Suriasiri.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Murung Raya dr. Suriasiri ketika di hubungi via sambungan seluler mengatakan untuk stok obat obatan saat ini masih mencukupi. Pelayanan Puskesmas Batu Bua akan tetap berjalan seperti semula ,dan bahkan tenaga medis (dokter) akan tetap melakukan kunjungan rutin dari puskesmas yang saat ini ada di Desa Maruwei ke Pustu yang ada di Kelurahan Batu Bua .

“Untuk obat obatan masih mencukupi dan bahkan akan ada kunjungan dokter secara rutin ke puskesmas pembantu (Pustu) yang ada di batu bua,” terang dr Suriasiri .

“Kita akan tetap memonitor pelayanan serta bahkan tenaga kesehatan akan kembali bekerja melayani pelayanan kesehatan di Pustu Batu Bua. Pelayanan kesehatan di Kelurahan Batu Bua akan tetap berjalan dan akan terus ditingkatkan,” kata dr. Suriasiri lagi.

 

Anggota Komisi II dari Fraksi PKS, H Barlin yang saat itu mendampingi Ketua Komisi Heriyus, SE, merespon positifnya atas kembali dipulihkan pelayanan kesehatan di Puskesmas atau Pustu Kelurahan Batu Bua.

Menurutnya, hal ini merupakan kondisi yang baik dan positif, karena mengingat kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan memadai akan dapat terpenuhi.

“Saya merasa bersyukur atas adanya respon dari pemerintah daerah yang telah kembali memfungsikan pelayanan kesehatan di Puskesmas Batu Bua ini,” kata Anggota Komisi II Fraksi PKS itu.

Sambungnya lagi , setidaknya masyarakat Kelurahan Batu Bua kini sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara baik dan memadai ,dari pada sebelumnya hanya dilayani oleh pelayanan kesehatan dari Posyandu.

“Saya berharap ke depanya agar puskesmas di batu bua ini benar benar dapat kembali pulih seperti sedia kalanya,” harap H Barlin menegaskan. (Red/FH–01)

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum