Berita

Dandim 1012 Buntok Panen Jagung Ungu di Bartim

Tamiang Layang, forumhukum.id – Komadan Kodim 1012 Buntok, Letkol Inf Hendro Wicaksono panen jagung ungus di lahan seluas dua hektare di areal perkebunan Koramil 04 Dusun Timur, Kamis (13/10) kemarin.

“Sesuai instruksi secara garis komando telah terlaksana penanaman jagung ungu sebagai bentuk ketahanan pangan dan menekan inflasi di Kabupaten Barito Timur,” kata Hendro.

DIa juga menegaskan bahwa lahan yang saat ini sedang dilaksanakan panen jagung akan dilanjutkan penanaman jenis bahan pangan maupun sayur-sayuran seperti kacang-kacangan, bawang dan cabe sebagaimana program pertanian dari Pemerintah Kabupaten Barito Timur.

“Kita wajib mendukung kegiatan pemerintah dalam rangka menghadapi dan menekan inflasi. Kita akan sinkronisasi program pertanian dengan Pemerintah Kabupaten Barito Timur,” katanya.

Panen jagung ungu di lahan seluas dua hektare itu dilaksanakan secara bertahap agar bisa berkelanjutan. Anggota TNI Polri dan masyarakat ikut memanen jagung ungu.

Dalam proses penanaman hingga panen, Kodim 1012 Buntok bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur dan melibatkan penyuluh-penyuluh.

Bupati Bartim Ampera AY Mebas mengapresiasi Kodim 1012 Buntok yang dinilai cukup berhasil dalam menciptakan ketahanan pangan.

“Panen jagung ungu ini jagung ungu yang kita tanam bersama pada awal Agustus kemarin,” kata Ampera AY Mebas.

Menurutnya, upaya yang dilakukan Kodim 1012 Buntok sangat bermanfaat. Selain memberikan motivasi juga menciptakan ketahanan pangan bagi masyarakat di wilayah sekitarnya.

Ditambahkan Ampera, jagung ungu memiliki pigmen ungu pada biji jagung yang mengandung antosianin yang diketahui dapat menurunkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes, obesitas dan penyakit kardiovaskular.

“Tidak hanya itu, jagung juga bisa sebagai pengganti nasi sehingga mengurangi memakan makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi,” kata Ampera lagi. (Resti/FH-88)

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum