BeritaLegislatifMurung RayaPuruk Cahu

Cegah Kota Mura Jadi Kawasan Kumuh, Kalangan DPRD Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan

FORUMHUKUM.ID – Puruk Cahu – Kalangan DPRD Murung Raya mengajak seluruh warga masyarakat khususnya yang berada di kawasan Kota Puruk Cahu untuk bersama-sama menjaga lingkungan, khususnya pada masing-masing kawasan lingkungan tempat tinggaln agar tidak menjadi kawasan kota kumuh.

“Kami mengajak masyarakat, khususnya masyarakat di Kota Puruk Cahu untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing dari sampah,” kata Politisi Fraksi PDIP Heriyus M Yoseph di Puruk Cahu, Kamis (25/11).

Menurutnya, dalam pantauan beberapa bulan terakhir ini perilaku masyarakat masih ada yang kurang memahami menjaga kebersihan lingkungan. Ini pun juga terlihat dengan masih banyaknya sampah-sampah rumah tangga yang dibuang di saluran drainase bahkan sungai.

Dijelaskan Heriyus, ada beberapa faktor yang meningkatkan volume sampah. Salah satu faktornya yakni adanya pertambahan jumlah penduduk, khususnya di wilayah permukiman di perkotaan Puruk Cahu.

Perkembangan jumlah penduduk ini diiringi perkembangan jumlah kawasan permukiman warga. Kondisi memerlukan adanya upaya advokasi agar tidak menjadi kawasan perkotaan menjadi kumuh.

“Salah satunya dengan menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan membuang sampah pada waktu dan tempat yang disediakan. Disii lain, kami meminta instansi teknis untuk membuat program dan sistem pengelolaan sampah dengan tujuan tidak adanya penumpukan sampah,” kata Heriyus.

Ditambahkan Heriyus, tentunya ajakan yang disampaikan baik DPRD maupun Pemkab Mura juga perlu diimbangi dengan langkah konkrit dengan membuat program dan sistem pengelolaan sampah yang sejajar dengan peningkatan sarana dan prasarananya. (Aa/FH-88)

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum