BeritaEksekutifPolitik

Bacaleg Ikut Medical Check Up di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kapuas

FORUMHUKUM.ID – Kapuas, Sejak akhir bulan April hingga awal bulan Mei tahun 2023, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas cukup banyak menerima permintaan Medical Check Up (MCU) atau Kier Kesehatan yang merupakan salah satu syarat mutlak dalam melengkapi ketentuan persyaratan suatu pekerjaan, dimulai dari permintaan PPPK Tenaga Pendidik (Guru), selanjutnya diikuti para bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari masing-masing Partai Politik yang ada di Kabupaten Kapuas.

Pelaksanaan Medical Check Up (MCU) atau Kier Kesehatan bertempat di Aula RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yang beralamat di Jalan Tambun Bungai No.16, Selasa (2/05/2023).

Menurut pantauan langsung, berdasarkan data dari Rekam Medik RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, beberapa Partai Politik sudah mengirimkan daftar para bakal calon yang diusulkan secara kolektif atau satu kelompok per partai untuk mengikuti Medical Check Up di RSUD Kapuas sesuai informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah.

Beberapa Partai Politik yang sudah lama berkecimpung dan terpantau sudah mengirimkan daftar calon anggota legislatifnya untuk mengikuti MCU, antara lain PKB, Golkar, PDI Perjuangan, dan Gerindra. Dari informasi peserta yang mengikuti, diketahui permintaan MCU atau hasil cek kesehatan bakal calon anggota legislatif ini paling lambat hingga tanggal 14 Mei 2023.

Berdasarkan informasi Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Rekam Medik dan Pelaporan, Nurdiana, S.Kep, menuturkan bahwa Paket Medical Check Up Lengkap yang dilakukan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas antara lain terdiri dari Pemeriksaan Fisik Jasmani meliputi Pemeriksaan EKG, Radiologi, Cek Buta Warna. Kemudian Pemeriksaan Laboratorium meliputi Pemeriksaan Darah Lengkap, Kreatinin, Ureum, SGPT, SGOT, Cholesterol Total, HDL, LDL, Trigliceride, Urin Lengkap, GDS Puasa, Asam Urat, Pemeriksaan Narkoba, serta Konsultasi Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Selain pemeriksaan Jasmani juga dilakukan Pemeriksaan Rohani meliputi Pemeriksaan MMPI Tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) adalah suatu pemeriksaan psikologis yang bertujuan untuk mengevaluasi karakteristik kepribadian dan psikopatologi, dan setelah itu dilanjutkan peserta konsultasi atau wawancara langsung dengan Dokter Spesialis Jiwa sehingga memerlukan waktu yang lumayan untuk mendapatkan hasil yang akurat,” pungkasnya. (TATANG/FH)

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum