Pemkab Mura Apresiasi Kesigapan PT IMK Tangani Warga Terdampak Longsor

 

Puruk Cahu – forumhukum.id

 

Pemerintah Kabupaten Murung Raya memberikan apresiasi yang tinggi kepada PT Indo Muro Kencana (IMK) atas kesigapannya dalam memberikan atensi kepada warga sekitar areal konsesi tambang yang terdampak tanah longsor berasal dari timbunan batuan penutup atau Wastle Dump.

 

Hal ini ditandai dengan sigapnya tim PT IMK di bantu bersama Pemerintah Kecamatan Tanah Siang serta aparatur desa setempat untuk mengidentifikasi di lokasi kejadian tanah longsor guna mendata secara intensif atas adanya dugaan terjadinya kerugian materil yang dialami oleh kalangan warga setempat .

 

Bupati Murung Raya, Drs. Perdie M Yoseph di dampingi Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait telah meninjau secara langsung ke lapangan dan tepat ke lokasi kejadian tanah longsor di areal konsesi pertambangan PT.IMK, yakni pada area Wastle Dump Pit Bantian 61 pada Rabu (27/4) kemarin.

 

Hasil pengecekan Pemkab Mura itu disimpulkan, bahwa berdasarkan fakta-fakta lapangan ketika itu terjadinya longsoran tanah bukan jebolnya tanggul PT IMK sebagaimana dalam asumsi pemberitaan-pemberitaan sebelumnya.

 

Longsoran tanah tersebut berasal dari timbunan material dan tanah penutup yang tidak ada mengandung kandungan emas. Selain itu, tanah longsoran tersebut juga tidak membawa dampak yang membahayakan bagi lingkungan hidup karena tidak mengandung kandungan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

 

Meski demikian terjadinya musibah tanah longsor murni sebagai bencana alam yang tidak dikehendaki oleh siapapun yang dapat saja terjadi dimana dan kapan saja. PT Indo Muro Kencana tetap dengan sigap menunjukan rasa kemanusian dan kepedulian atas musibah yang terjadi, dengan telah merealisasikan kompensasi kepada warga-warga yang terdampak yang notabenenya adalah warga masyarakat yang ada turut berusaha secara tradisional di sekitar tambang emas PT IMK.

 

Menyikapi musibah tanah longsor yang terjadi di kawasan areal tambang PT.IMK tersebut, pucuk pimpinan tertinggi di Pemerintah Kabupaten Daerah Kabupaten Murung Raya, Drs. Perdie M Yoseph menghimbau kepada semua elemen masyarakat yang berada di sekitar areal konsesi tambang IMK dan ataupun di luar kawasan IMK untuk tetap dapat menjaga ketenangan dan kondusifitas wilayah atas suasana yang sudah mereda pasca terjadinya musibah yang tidak dinginkan tersebut. Perdie juga mengingatkan agar tidak adanya pihak pihak yang memanfaatkan atas kejadian yang sudah mereda ini.

 

“Sebab pada prinsifnya atas semua kerugian materil masyarakat sudah diselesaikan dengan baik dan damai antara pihak PT IMK dengan warga masyarakat itu sendiri,” kata Perdie M Yoseph selaku Bupati Murung Raya. ( Al- 01 )

%d blogger menyukai ini: