Puruk Cahu

Ketua komisi II DPRD Murung Raya Imbau Masyarakat Antisipasi Banjir

Murung raya, forumhukum.id – Tingginya curah hujan di beberapa wilayah di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, menyebabkan sebagian desa terendam banjir dengan ketinggian yang terbilang cukup tinggi antara 30 hingga 50 cm bahkan bisa mencapai ketinggian 1,5 meter pada Selasa (6/9) kemarin.

Di lapangan, beberapa waktu lalu sudah ada beberapa desa di Kabupaten Murung Raya, khususnya di pesisir sungai yang sudah terdampak banjir yang diakibatkan tingginya curah hujan sehingga air sungai meluap.

Ketua Komisi II DPRD Murung Raya, Heriyus M Yoseph, prakiraan cuaca saat ini untuk di Kabupaten Murung Raya menghadapi musim penghujan, dan beberapa daerah terkena dampak dari musim penghujan.

“Saat ini kita menghadapi musim penghujan yang tidak dapat diperkirakan, maka kita semua kiranya bisa bersiaga akan banjir yang nantinya bisa saja terjadi,” kata Heriyus M Yoseph.

Sementara, BPBD Murung Raya memberikan himbauan kepada masyarakat yang khususnya berada di sekitar bantaran Sungai maupun Anak Sungai Barito untuk tidak membuang sampah di sungai.

Dampak membuang sampah di sungai akan menghambat arus air dan bisa berdampak fatal seperti mengalami banjir hingga kerusakan lingkungan.

“Ada beberapa hal dalam menyikapi prihal banjir seperti menyimpan benda-benda atau barang yang penting ketempat yang aman, hindari pohon besar, baliho dan saluran air atau gorong-gorong,” pungkas Kepala Pelaksana BPBD Murung Raya, Kariadi. (AA/FH).

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum