BeritaKapuasKuala Kapuas

51 Orang Panwaslu di 17 Kecamatan se-Kabupaten Kapuas Resmi Dilantik

Kuala Kapuas, forumhukum.id – Bawaslu Kabupaten Kapuas resmi melantik 51 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan terpilih hasil seleksi untuk Pemilu serentak 2024 di Hotel Fovere Kapuas, Kamis (27/10/2022) kemarin.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, jajaran Forkopimda, Sekretaris Dinas Pendidikan Kapuas, komisioner KPU dan puluhan undangan lainnya.

Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, mengucapkan terima kasih karena proses tahapan Pemilu di Kabupaten Kapuas telah berjalan sesuai regulasi. “Panwaslu Kecamatan yang hari ini resmi dilantik merupakan bagian perangkat penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan. Sehingga, tahapan-tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar,” katanya

Usai pelantikan, HM Nafiah Ibnor menyampaikan dengan tugas yang demikian komplek dan berat, pengawas pemilu harus memiliki dan menjaga Integritas dan profesionalitasnya. “Salah satu asas pemilu adalah Langsung, Umum, Bebas, Rahasia serta Jujur dan Adil, inilah tugas Pengawas Pemilu untuk mewujudkannya,” terangnya.

Lebih lanjut, HM Nafiah Ibnor yang juga menjabat sebagai Ketua Umum MUI Kabupaten Kapuas itu menambahkan, mengingat Panwaslu Kecamatan adalah ujung tombak pengawasan ditingkat Kecamatan, dalam bekerja Panwaslu Kecamatan harus memiliki kemampuan menjalankan Amanah semangat pengawas yang tercantum dalam slogan SIM-P (Soliditas, Integritas, Mentalitas dan Profesionalitas.

Karena itu saya berpesan kepada seluruh anggota Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik serta seluruh hadirin yang hadir, mari bersama-sama kita mengawal Pemilihan Umum serentak Tahun 2024 kali ini agar menjadi pemilu yang menjunjung tinggi asas Demokrasi, Langsung, Umum, Bebas, Rahasia serta Jujur dan Adil,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kapuas Iswahyudi Wibowo menambahkan, apapun kondisinya hari ini adalah hasil yang terbaik dari proses seleksi di setiap kecamatan. Itu yang harus dihargai dari sekian banyak pemerhati demokrasi dalam mengawal demokrasi yang mengabdi dalam lembaga ini.

Bawaslu berharap, pasca pelantikan ini mereka segera membentuk ketua dan divisi serta segera melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan. “Diharapkan bisa bersinergi dengan Forkopimcam dan semua pihak di wilayah mereka, sehingga dalam melakukan proses pengawasan bisa bekerjasama dengan semua pihak,” pungkasnya. (Tatang FH)

Jika ingin content ini hubungi pihak Forum Hukum